PAKISTAN, DARATAN SUCI DI ASIA SELATAN




Pakistan adalah salah satu negara muslim terbesar di dunia yang menerapkan hukum islam dalam pemerintahannya. Saya menulis tentang Pakistan bukan karena kunjungan Presiden kita barusan ke negara tersebut, tetapi lebih karena rasa penasaran saya tentang negara satu ini. Alasan lainnya adalah qodarullah saya memiliki saudara ipar laki-laki asli Pakistan. Saudara ipar saya ini adalah orang yang sangat ramah dan sabar, pintar dan berwawasan luas dan sangat memanjakan adik perempuan saya yang merupakan istrinya mungkin kalo saya boleh bilang amat sangat dimanja dan disayang melebihi orang Indonesia sendiri hehehe,,,. Saya sendiri memang belum pernah berkunjung ke Pakistan, alasannya karena di TV saya melihat Pakistan bukan lah negara yang aman untuk dikunjungi apalagi dengan adanya pemberontak Taliban membuat saya menjadi ciut nyali untuk ke sana walaupun saya sempat mengurus visa untuk datang ke sana.
adik saya (kiri) bersama saudara ipar di Pakistan

Sebagai muslimah saya tentunya tertarik untuk lebih mengenal negara Pakistan dengan segala keunikannya dimana penduduknya 96% beragama islam dan sisanya beragama Kristen dan Hindu. Saya akhirnya mencari banyak artikel tentang keunikan negara ini dan inilah beberapa fakta unik tentang Pakistan yang jujur saya belum pernah tau sebelumnya.
1.      Nama PAKISTAN dalam Bahasa Urdu dan Persia berarti “Daratan Suci” , keren ya
2.      Nama resmi Pakistan adalah “Republik Islam Pakistan”, ini lebih keren lagi
3.      Pakistan merdeka dari Kekaisaran India Inggris pada tahun 1947.
4.      Ibukota Pakistan adalah Islamabad dengan jumlah penduduk sekitar 919.000 jiwa, masih lebih padat kota Surabaya ya, hehehe.
5.      Bahasa Nasional Pakistan adalah Urdu sedangkan Bahasa resminya adalah Inggris, bisa dimaklumi karena dulunya bekas jajahan Inggris, tapi memang bener adik ipar saya fasih banget Inggrisnya dan sangat khas logat Hindinya hehehe,,
6.      Olahraga nasional nya adalaah Hokey lapangan dan olahraga populernya adalah kriket.
7.      Tanggal 23 Maret adalah hari Republik Pakistan.
8.      Mayoritas agama di Pakistan adalah islam (96.4%) dan sisanya adalah Kristen dan hindu.
9.      Pada tahun 1965, Pakistan pernah mengalami perang kedua dengan Kashmir, perang yang berlangsung selama 17 hari menyebabkan banyak korban jiwa pada kedua belah pihak, dan merupakan perang tank terbesar sejak perang dunia II.
10.  Sialkot, Pakistan adalah produsen bola untuk sepak bola terbesar di dunia, keren kan negara kecil bisa memproduksi bola terbesar di dunia. Pabrik-pabrik lokalnya mampu memproduksi 40-60 juta bola setiap tahunnya dan ini berarti Sialkot menyumbang sekitar 50-70% dari total produksi bola dunia.



11.  Pakistan adalah negara islam pertama yang memiliki senjata nuklir.

12.  Pakistan memiliki jalan beraspal internasional tertinggi di dunia yaitu jalan Karakoram (The Karakoram Highway/ KKH), ini beneran keren ya negara kecil seperti Pakistan memiliki jalan aspal setinggi ini. Jalan ini panjangnya sekitar 1300 km yang menghubungkan Pakistan dengan China. Jalan ini memiliki ketinggian 15.397 kaki dank arena pembangunan nya yang amat sulit masuk sebagai 8 keajaiban dunia.





13.  Stasiun kereta api tertinggi di Asis berada di Pakistan tepatnya di stasiun Kan Mehtarzai, Quetta, namun saat ini stasiun ini sudah tidak digunakan lagi.

14.  Pakistan memliki system Irigasi berbasis kanal terbesar di dunia, negara Pakistan ukuran nya 10 kali lebih kecil dari Rusia namun memiliki system kanal 3 kali lebih besar dari Rusia, kerenn kan. Dan yang lebih hebatnya lagi system kanal Pakistan adalah system kanal terbesar dan terbaik di dunia lo. Wow banget ya mungkin negara kita bisa belajar dari Pakistan.

15.  Pakistan memiliki jaringan ambulan terbesar di dunia, yaitu Pakistan’s Edhi Foundation, yang masuk dalam daftar Guinness Book Of World Records dan yang lebih uniknya lagi ambulan ini gratis dan didirikan secara sukarela oleh A.Sattar Edhi, seorang pekerja social yang terkenal. MasyaAllah



16.  Ada 2 orang di Pakistan yang pernah menerima hadiah nobel yaitu Malala Yousafzai pada tahun 2014, adalah seorang perempuan Pakistan dan aktivis social untuk Pendidikan perempuan di Pakistan dan merupakan penerima nobel termuda. Yang satunya adalah Abdus Salam penerima nobel Fisika tahun 1979.



17.  Air tebu adalah minuman nasional Pakistan yang dikenal dengan nama “Roh”. Kalo di Indonesia lebih dikenal dengan sari tebu.

18.  Pakistan memiliki tambang garam tertua dan terbesar di dunia bernama tambang garam Khewra(The Khewra Salt Mine) terletak di sebuah subdivisi administratif Kabupaten Jelum, punjab region Pakistan , tambang ini pertama kali ditemukan oleh pasukan Alexander The Great pada 320 SM. Tambang garam Khewar bisa memproduksi 350 ribu ton garam per tahun yang membuat Pakistan menjadi produsen garam no 2 terbesar di dunia. ada juga garam yang berasal dari pegunungan Himalaya berwarna putih agak pink kalo di supermarket namanya Himalayan Salt dan di produksi di Pakistan lo, garam ini banyak khasiatnya diantaranya rendah kolesterol dan bisa untuk diet.




19.  Pakistan adalah satu-satunya negara yang memiliki gurun tersubur di dunia yaitu Gurun Tharparkar, yang berada di propinsi Sindh. Gurun ini berusian sekitar 10000 tahun dan pernah menjadi sumber air bagi peradaban di Sungai Indus. Gurun Tharparkar adalah bagian dari gurun Thar yang merupakan gurun terbesar di Asia Selatan.



20.  Pakistan memiliki tantara terbesar ke 7 di dunia, yaitu sebanyak 642.000 tentara, karena itulah pasukan PBB sebagian besar didukung oleh tantara dari Pakistan.
21.  Pakistan adalah satu-satunya negara islam setelah Turki yang membolehkan wanita menjadi tantara.

22.  Pakistan terdaftar dalam Next Eleven (N-11) , yaitu sebelas negara yang bergabung dengan BRICS yang berpotensi besar menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada abad ke-21.



23.  Pakistan mempunyai Pilot yang paling terlatih di dunia, cerita dikit ya, mertua adik saya adalah pensiunan angkatan udara Pakistan dan beliau sangat menghormati Indonesia karena Pak Soekarno Presiden RI pertama banyak membantu dalam usaha kemerdekaan Pakistan. Orang nya sangat disiplin dan sekaligus sabar dan benar-benar memperlakukan istrinya layaknya Ratu lo, wah salut banget pokoknya padahal beliau pensiunan tentara.
24.   Menurut survei lagu kebangsaan Pakistan masuk dalam lagu kebangsaan top dunia lo.
25.  Pakistan adalah negara dengan penduduk paling cerdas ke 4 di dunia, menurut polling yang dilakukan terhadap 125 negara oleh Institute of European Business Administration.
26.  Pakistan adalah negara penghasil ilmuwan dan scientist terbanyak ke 7 di dunia.
27.  Sistem Glasial terpanjang di dunia di luar wilayah kutub adalah Glesier Biafo di wilayah Pakistan. The Biafo Glecier memiliki Panjang sekitar 63 km di Karokaram pegunungan daerah utara Pakistan.




28.  Hutan buatan manusia terbesar di dunia berada di Pakistan, yaitu Hutan Changa Manga seluas 12000 acre. Di dalamnya juga terdapat taman satwa liar, hutan ini terletak di Kawasan Lahore, Pakistan. Hutan buatan ini didirikan pada tahun 1886. Wah seharusnya Indonesia juga bisa ya bikin hutan buatan untuk penghijauan.





29.  Mangga adalah buah nasional Pakistan dan Melati bunga nasional Pakistan.
30.  Pakistan adalah negara penghasil terbesar ke 2 kacang Panjang dan buncis  di dunia setelah India.
31.  Markhor adalah binatang nasional Pakistan dan burung naisonal Pakistan adalah burung Chukar Partridge. Markhor adalah sejenis kambing liar yang ditemukan di timur Afghanistan, utara dan tengah Pakistan, Kashmir di India Utara, Tajikistan Selatan ,selatan Uzbekistan dan Himalaya.

32.  Masjid Shah Faisal adalah Masjid terbesar di Pakistan yang mampu menampung 100 ribu jamaah. Masjid Faisal terletak di kaki bukit Margalla Hills di Islamabad. Masjid ini menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986 sampai 1993 sampai akhirnya dikalahkan oleh Masjid Mena(timur tengah dan Afrika) wilayah.

33.  Komodor udara terakhir dari Pakistan, bernama  MM Alam terkenal karena mampu menembak 5 pesawat terbang hanya dalam waktu kurang dari 1 menit, wow banget ya.

34.  Hukum Islam menjadi hukum dan undang-undang di Pakistan pada tahun 1991.
35.  Benazir Bhutto menjadi Perdana Menteri pertama wanita di Pakistan dan menjadi Perdana Menteri pertama wanita di negara islam dunia.


36.  Pada 2 mei 2011, Osama bin Laden dibunuh oleh pasukan khusus Amerika selama operasinya di Abbottabad Pakistan, Osama adalah pemimpin Al Qaeda.
37.   Moenjo Daro, Harappa, Taxila, Kot Diji, Mehr Garh, kuil Buddha Takht Bhai, Gua Juniper, gua Murghagull Gharra dan gua Mughal saa adalah situs arkeologis utama di Pakistan.




38.  Allama Muhammad Iqbal adalah penyair nasional Pakistan.

39.  Quaid-i-Azam Muhammad Ali Jinnah (1876-1948) adalah Bapak Bangsa Pakistan.

40.  K-2 (Chadori) adalah puncak gunung tertinggi di Pakistan dan tertinggi kedua di dunia.

41.  Puncak Shandur yang berada di Gilgit Pakistan dijuluki “Atap Dunia” karena ketinggiannya mencapai 12.200 kaki. Setiap tahunnya diadakan permainan polo yang dimainkan oleh tim-tim Gilgit dan Chitral. Orang di seluruh dunia datang untuk melihat permainan di lapangan polo paling tinggi di dunia ini.

42.  Pakistan adalah tempat gunung-gunung tertinggi dunia, yaitu Himalaya, Karakoram, Hindu Kush, Pamir, dan Tian Shan.
43.  Ahli Microsoft bersertifikat termuda di dunia adalah Arfa Kareem (9 tahun) dan babar Iqbal, yang keduanya berasal dari Pakistan. Babar Iqbal adalah Peneliti IEEE termuda. Dia sekarang bekerja di Kantor Microsoft di Dubai. Dia menjadi Certified Internet Web Professional (CIWA) pada usia sembilan tahun. Wow banget ya

44.  Terinspirasi oleh Arfa Kareem, Hamza Shahzad, memiliki nilai 757 dalam tes kualifikasi dan menjadi seorang Microsoft Certified Professional pada usia 6 tahun.

45.  Mauhid Iqbal dari Karachi adalah Microsoft Certified technology Specialist (MCTS). Dia digaji oleh Sir Syed University of Enginering & Technology (SSUET) sebagai bagian dari fakultas dan mengajar para mahasiswa yang lebih tua dari dia.

46.  Haris Khan dijuluki dengan “Pengembang Smartphone Termuda” setelah dia menciptakan aplikasi “Super Soccer Kick” yang diluncurkan di Apple iThune pada 7 Februari 2014.



47.  Pada tahun 2012, Muhammad Masha, kepala koki di Stadiun Hokei Nasional terdaftar dalam Guinness World Record karena telah membuat tiga Chapaati hanya dalam waktu 3 menit lebih 14,98 detik.
48.   Pemenang Kejuaraan DOTA 2 Asia adalah Sumail Hassan Syed dari Pakistan, yang swaat itu masih berusia 15 tahun. Bersama teamnya, Evil Geniuses, dia memenangkan $1,2 juta.




49.   Hakim sipil termuda di dunia berasal dari Pakistan. Muhammad Ilyas mengikuti ujian menjadi hakim pada Juli 1952 pada usia 20 tahun 9 bulan. Dia bekerja sebagai hakim di Lahore, Pakistan.
50.  Pakistan mempunyai pelabuhan laut paling dalam dan paling besar di dunia, yaitu di Gwadar. Pelabuhan Gwadar adalah pelabuhan terbesar di dunia dan pelabuhan penting bagi masyarakat di pesisir jalur pantai Balochistan. Saat ini Pakistan bekerjasama dengan China untuk pembangunan yang lebih besar lagi bagi pelabuhan Gwadar.



51.  Pakistan mempunyai salah satu spesies langka dolpin yang dikenal dengan “Dolpin Buta” (Blind Dolphin) di air sungai Indus, salah satu sungai terpanjang di dunia.

52.  Dari tahun 1997-2008, Pakistan memegang rekor kue tertinggi di dunia, dengan ketinggian 105 kaki. Tetapi kemudian dikalahkan pada tahun 2008 oleh kue dari Indonesia yang tingginya 108 kaki.
53.  Dam Tarbela di Sungai Indus Pakistan adalah dam berisi air terbesar di dunia dan terbesar kedua di dunia dari struktur volumenya.



54.   Virus komputer pertama diciptakan oleh dua bersaudara dari Lahore, Punjab, Pakistan, yaitu Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq. Virus ini muncul pada tahun 1986 dalam bentuk virus untuk MS-DOS.



55.  Pakistan adalah salah satu eksportir terbesar peralatan bedah di dunia.
56.  Pakistan adalah produsen susu terbesar ke empat di dunia.
57.  Pakistan adalah penghasilan kurma terbesar ke-6 di dunia dan produsen buah mangga terbesar ke-5 di dunia.
58.  Pakistan adalah negara dengan kecepatan internetnya tercepat ke empat di dunia.
59.  Sekitar 1,7 juta pengungsi dari Afghanistan tinggal di Pakistan setelah pintu perbatasan dibuka selama Perang Russia dengan Afghanistan.
60.  Lalazar di Pakistan sering dianggap sebagai tempat terindah di bumi.





61.  Ustaad Nusrat Fateh Ali Khan dianggap sebagai “Qawwal terbaik dunia pada abad 20”. Dia dikenal dengan sebutan “Sang Legenda”.

62.  Komal Ahmad, kelahiran Pakistan, membuat aplikasi handphone yang keuntungannya digunakan untuk memberi makan 600.000 tuna wisma.

63.  Bandara Internasional Islamabad menjadi bandara pertama untuk mendarat pesawat terbesar, yaitu Airbus A-380.
64.  Shalwar Kameez adalah pakaian nasional Pakistan yang populer di sana sebagai salah satu pakaian tradisional untuk kaum laki-laki dan kaum wanita.
65.  Biryani adalah makanan yang sangat populer di Pakistan dan mempunyai banyak varietasnya, seperti Biryani Lahori dan Biryani Sindi.

66.  Ada empat alat musik utama Pakistan dan ada lebih dari enam alat musik terkenal lainnya, seperti sitar, tabla, rabab, dhool, dan bansuri.
67.  Truk dengan hiasan seni banyak ditemukan di Pakistan dan Rickshaws adalah alat transportasi di Pakistan.



68.  Danau Haleji adalah danau terbesar di Asia tempat berkumpulnya burung-burung. Danau lainnya adalah Danau Saidul Maluk, Danau Shandur, Danau Dudipatsar, Danau Kutwal, dan Danau Zalzal.
69.  Penelitian Mercer Group pada tahun 2012 memasukkan kota Karachi Pakistan sebagai kota paling murah di dunia dalam hal biaya hidup.
70.  Kota Bahria adalah masyarakat rumah pribadi terbesar di Asia dan merupakan salah satu kota paling aman untuk ditempati.
71.  Tempat menarik di Pakistan adalah Taman Shalimar, Masjid Faisal, Masjid Wazir Khan, Masjid Badshahi, Masjid Shah Jahan, Monumen Pakistan, Makam Mohammad Ali Jinah (Mazar-e-Quaid), Makam Hazrat Rukn-e-Alam, Minar-e-Pakistan, Benteng Derawar, Benteng Lahore, Benteng Rohtaz, Hiran Minar, Makli Hill, maklumat batu Mansehra, That-i-Bahi dan Sehr-i-Bahlol, dan puing-puing Moenjo Daro.
72.  Pakistan mempunyai Lembah Hunza yang tertutup salju selama musim dingin. Tetapi setelah salju mencair akan terlihat pemandangan bentuk dataran tinggi yang indah.




73.   Nadra adalah salah satu organisasi terbesar di Pakistan, yaitu perusahaan database Biometris terbesar di dunia, yang mempekerjakan 11.000 karyawan.


74.  Gedung parlemen Pakistan adalah yang pertama dan satu-satunya gedung parlemen di dunia yang dioperasikan dengan tenaga surya.
Wah ternyata banyak hal unik tentang Pakistan yang sebelumnya saya juga gak pernah mengira. Di tengah hantaman teroris , Pakistan berusaha bertahan dengan segala kemampuannya, dan Saya sih berharap negara-negara muslim bisa berkembang lebih pesat lagi tanpa mengandalkan bantuan luar negeri, tidak ada yang tidak mungkin kan jika ALLAH sudah berkehendak.

Oh iya data dalam artikel ini saya rangkum dari berbagai sumber di antaranya : Wikipedia,  dan semestafakta. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat menambah pengetahuan kita tentang Pakistan ya.  

Comments

Popular posts from this blog

Hari down syndrome sedunia

21 Children