Siapakah Olaudah Equiano yang jadi doddle Google hari ini ??

Google selalu memiliki cara unik untuk berinovasi, seperti menampilkan Tokoh-tokoh sejarah dunia dalam lambangnya, nah tahukah anda pada hari ini tepatnya tanggal 16-oktober-2017 dodle google menampilkan wajah seorang tokoh dunia bernama Olaudah Equiano, agak asing ya nama nya lalu siapakah beliau ??

Rupanya Google sengaja menampilkan Tokoh yang satu ini sekaligus untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 272 tahun, woww keren ya!!. Olaudah Equiano pada masa hidupnya dikenal dengan nama Gustavus Vassa. Beliau adalah seorang budak yang telah dibebaskan dan mendukung gerakan penghapusan perdagangan perbudakan di Britania Raya.Otobiografinya yang diterbitkan pada tahun 1789 membantu memperkuat dukungan terhadap Undang-undang perdagangan budak 1807 yang mengakhiri perdagangan budak di Britania Raya dan koloni-koloninya.

Pemilik terakhirnya adalah Robert King, seorang pedagang Quaker Amerika Serikat yang mengijinkannya untuk berdagang, Equiano berhasil membeli kebebasannya pada tahun 1766 kemudian menetap di Inggris pada tahun 1767. Setelah menetap di Inggris , Equiano menikahi seorang wanita Inggris bernama Susannah Cullen pada tahun 1792, Equiano merupakan anggotan Sons Of Africa di Iggris, Namun sayang di akhir masa hidupnya Equiano mengalami depresi dan stress yang membuatnya selalu berpikir untuk bunuh diri. Ia meninggal tahun 1797 di London namun lokasi kuburannya tidak diketahui.

Jasa Olaudah Equiano terus dikenang hingga sekarang. Otobiografinya dianggap sebagai mahakarya permulaan sastra Afrika modern.


Di balik kisah hidupnya yang membuat sejarah ada sisi kelam dalam dirinya yang harus ia kuasai sendiri, tentunya ini memberi pelajaran kepada kita bahwa pencapaian dunia belum tentu membuat kita bisa hidup bahagia kan, karena itu jangan lah kita terbawa akan keinginan dunia yang gak akan ada habisnya, setiap kali kita mengejarnya maka semakin ambisi akan menguasai hati dan membuat hidup menjadi semakin tidak tenang.


Comments

Popular posts from this blog

Hari down syndrome sedunia

PAKISTAN, DARATAN SUCI DI ASIA SELATAN

21 Children