7 objek keren hasil printer 3d

Teknologi 3d printer yang merupakan salah satu inovasi teknologi revolusioner di dunia memungkinkan kita untuk mewujudkan ide-ide yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan bisa dicetak dengan sebuah printer. Mulai dari objek 3d sederhana seperti pot bunga, gelas sampai objek yang rumit seperti miniatur mobil, Menara Eiffel dan lain-lain yang membutuhkan ketelitian dan presisi yang tinggi. Dalam prosesnya 3d printing terdiri dari 3 tahap yaitu : pemodelan dengan software 3d seperti CAD, membuat model menjadi perintah bahasa mesin, dan terakhir melakukan perintah kepada mesin untuk melakukan proses pencetakan. Lalu benda-benda apa saja yang bisa dicetak menggunakan 3d printer ini? Hamper semua benda bisa dicetak dengan 3d printer ini namun saya akan merangkun 7 objek terkeren versi saya hasil cetak 3d printer.
1.      Bionic Ear


Penelitian dari Universitas Princeton mengenai eksplorasi dari 3d printer untuk sel dan partikel nano menghasilkan temuan baru. Temuan baru itu adalah telinga buatan yang disematkan dalam sensor khusus. Alat ini bernama Bionic Ear yang dibuat dengan teknologi printer 3d. bionic Ear mampu menangkap sensor bunyi dari berbagai frekuensi suara, jauh melebihi kemampuan telinga manusia pada umumnya.
2.      Transplantasi Organ

Ahli bedah Dr Anthony Atala melakukan penelitian tentang pembuatan ginjal tiruan  dengan printer 3d. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sel hidup, sehingga hasil printer 3d ini bisa digunakan untuk transplantasi organ manusia. Penelitian ini diperkenalkan melalui TEDx. Hasil penelitian ini akan menjadi solusi donor organ dalam berbagai kasus operasi organ dalam, misalnya cangkok ginjal. Ide ini dapat direalisasikan dengan teknologi 3d printer.
3.      Animated Character

Teknologi printer 3d memungkinkan semua creator dan industri untuk membuat dan memproduksi segala macam karakter. Proses pencetakan berawal dari pembuatan 3d modelling menggunakan software CAD 3D Modelling, kemudian dicetak dengan printer 3d, hasil cetakannya memiliki presisi yang tinggi dan menyerupai bentuk aslinya. Printer 3d juga merupakan sarana menuangkan ide dan kreatifitas bagi anak-anak yang menyukai dunia animasi, dengan bahan tinta yang ramah lingkungan anak-anak bisa belajar membuat design animasi karakter mereka sendiri dan mencetaknya ke dalam bentuk nyata. Daripada membeli mainan karakter berharga mahal lebih baik membuat sendiri animasi karakter dengan printer 3d selain bermain juga ada unsur edukasi dan sainsnya.
4.      Membuat rumah dalam waktu 24 jam

Teknologi 3d printer yang demikian canggihnya sudah diaplikasikan oleh perusahaan pengembang printer 3d Apis Cor yang berhasil membuat mesin untuk membangun struktur dasar dari rumah berukuran 38 meter persegi. Purwarupa mesin 3d printer mereka sudah dikembangkan sejak Desember 2016. Tim di tantang untuk membuat rumah dari semen yang cepat beku dan tahan terhadap cuaca yang sangat dingin di Rusia, negara asal Perusahaan Apis Cor.
Mereka memilih untuk membuat rumah dalam bentuk melingkar, dapat dihuni oleh satu atau dua orang dengan interior sederhana, dimana semua itu dirancang lewat software 3d design. Menurut klaim Apis Cor, mereka mampu membangun rumah dalam waktu 24 jam. Untuk pembangunan unit jendela, pintu, pengecatan tetap dilakukan manual oleh manusia.
Tebak berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan 3d printer? Jawabannya 10.134 dollar AS tidak termasuk furniture dan peralatan rumah tangga. Membangun rumah memanfaatkan printer 3d sebenarnya telah diterapkan oleh beberapa Perusahaan termasuk perusahaan asal China yang berhasil mencetak 10 rumah dalam sehari.
5.      Drone

Sudah banyak yang berhasil membuat drone menggunakan printer 3d. drone buatan printer 3d ini memiliki banyak keunggulan diantaranya lebih mudah membuatnya, praktis dan lebih ringan karena menggunakan bahan plastic. Karena menggunakan bahan plastic drone hasil cetak 3d printer ini lebih mudah dirakit tanpa menggunakan sekrup. Karena menggunakan plastic pula drone sulit di deteksi dan tidak mengeluarkan bunyi yang mengganggu.
Pembuatan drone ini lebih banyak ditujukan untuk kegiatan militer atau mata-mata. Contohnya drone buatan SULSA (Southampton University Laser Sintered Aircraft) yang mampu terbang dengan kecepatan 145 km/jam. Produk ini menggunakan baterai yang hanya mampu bekerja selama 30 menit saja.
Yang paling menarik adalah drone buatan John Hopkins University yang diberi nama CRACUNS. Drone ini tidak hanya bisa terbang tetapi juga mampu menyelam di dalam air. CRACUNS dilindungi oleh pelapis kedap air pada ke empat motor penggeraknya sehingga mampu bekerja dengan baik. CRACUNS di klaim dapat berada di dalam air laut selama 2 bulan.
6.      Printer 3d

Yang unik ternyata ada perangkat cetak 3d yang dibuat oleh printer 3d. dengan kemampuannya yang bisa digunakan untuk mencetak perangkat yang sama, pengguna bisa memproduksi sendiri printer 3d. Jadi pengguna bisa memproduksi printer 3d sendiri sebagai cadangan jika printer 3d utamanya bermasalah, keren kan!!
Namun bukan berate printer 3d akan bisa mencetak semua komponen tersebut secara keseluruhan, melainkan hanya mencetak bagian tertentu saja. Sementara bagian lainnya seperti nozzle dan rangkaian mesinnya mesti dibeli secara terpisah.
7.      Mobil

Local Motors, Perusahaan Otomotif yang berbasis di Arizona, AS merupakan Perusahaan yang pertama kali berhasil membuat mobil yang dicetak menggunakan 3d printer dan merakitnya secara utuh. Hebatnya lagi mobil yang diberi nama Strati ini mampu berfungsi layaknya mobil buatan pabrik lainnya. Menggunakan sumber daya listrik dari baterai, Strati mampu menempuh jarak hingga 193 km hanya dengan sekali pengisian baterai saja. Bahkan Strati berhasil dipacu dengan kecepatan 64,4 km / jam.
Strati hanya memiliki 49 bagian, termasuk bodi, motor, roda, kursi penumpang dan pengemudi, sampai kaca depan. Semuanya dicetak menggunakan printer 3d menggunakan bahan dasar thermoplastic yang kemudian diperkuat dengan carbon fiber. Proses perakitannya pun tidak serumit model biasa. Para Teknisi Strati mampu merakitnya dalam waktu 44 jam saja.

Nah itulah 7 objek keren yang bisa dihasilkan dari printer 3d versi saya tentunya, masih banyak objek-objek lain yang bisa dicetak dengan printer 3d karena teknologinya semakin berkembang dan canggih. Bagi yang penasaran kalo di Surabaya dimana bisa beli printer 3d yang berkualitas, dan bergaransi ?? bisa langsung beli di TGTech, alamat workshop di Kampus PENS, Gedung EIC lt 3 , ruang PENSKY VENTURE.

Comments

Popular posts from this blog

Hari down syndrome sedunia

PAKISTAN, DARATAN SUCI DI ASIA SELATAN

21 Children