Tips membuat Kamar selalu harum




Saya termasuk salah satu type orang yang sangat menjaga kebersihan, terutama kebersihan diri, pakaian dan kamar tidur. Bukan tanpa sebab karena saya merasa sangat tidak nyaman ketika ada bau tidak sedap atau apek muncul. Well menurut suami saya , saya terlalu berlebihan dalam menjaga kebersihan sehingga akan melelahkan fisik, tapi menurut saya saat membersihkan rumah terutama kamar ada kepuasan tersendiri yang bisa saya nikmati sebagai salah satu bentuk “Me time” saya sebagai ibu rumah tangga, apalagi saat ini saya juga belum memiliki momongan sehingga saya bisa bebas melakukan inovasi pada rumah terutama kamar.
Beberapa  hal yang membuat saya nyaman di kamar adalah sprei yang berbahan adem, warna yang soft lebih ke shabby chic, bau harum, tidak ada nyamuk dan tentunya hawa yang sejuk. Nah yang paling sering bikin pegel adalah menjaga agar kamar selalu berbau harum tanpe perlu semprotan pengharum tiap hari, karena semprotan pengharum juga mengandung bahan kimia yang tentunya jika terus-terusan digunakan akan memberikan efek tidak baik bagi kesehatan. Nah saya memiliki beberapa tips berdasarkan pengalaman saya dalam menjaga kebersihan kamar tidur agar tetap harum, semoga bermanfaat ya.

1.      Bersihkan kamar dari debu minimal 2 hari sekali, jika anda sering beraktifitas di dalam kamar missal : bekerja memakai laptop di kamar, makan, menonton tv maka anda harus menjaga kebersihan kamar dari debu, bersihkan jendela dan langit-langit kamar dengan seksama dan jangan lupa sudut-sudut kamar.
2.      Jaga sirkulasi udara kamar agar tetap segar. Buka jendela di pagi hari agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, minimal buka jendela atau pintu kamar -+ 30 menit.
3.      Buang semua sampah dari kamar sebelum magrib tiba, suami saya adalah type orang yang suka makan dan ngemil di dalam kamar sehingga saya menyediakan tempat sampah kecil untuk sampah makanan dan tissue bekas, nah setiap hari selalu saya buang sampahnya sebelum magrib tiba walopun tempat sampahnya belum penuh, hal ini saya maksudkan untuk menjaga agar tidak ada pengaruh buruk jin akibat menimbun sampah di kamar terlalu lama, karena jin suka sekali hidup di tempat kotor.
4.      Ganti sprei minimal seminggu sekali, ini karena suami saya mudah sekali berkeringat maka saya menggantinya tiap 5 hari sekali agar sprei tidak berbau dan menyebarkan bau kurang sedap di kamar, sebaiknya sprei ini disetrika dengan memberi pengharum ya agar nyaman dipakai tidur, karena seringkali saya melihat banyak orang yang malas menyetrika sprei cuman dijemur aja kering langsung pake. Nah selain sprei saya juga mengganti sarung bantal 4 hari sekali. Sebabnya karena bantal ini rentan terkena kuman apalagi sering kali saya tidur dalam kondisi rambut masih lembab karena terlalu lelah atau suami yang malas mandi jika pulang terlalu malam.
5.      Semprot dengan pengharum ruangan boleh-boleh aja , kalo saya biasanya menyemprot kamar dengan pengharum ruangan 3 hari sekali, karena hidung dan kepala saya agak sensitif jika terkena bau harum parfum maka saya jarang menggunakan pengharum ruangan.
6.      Jangan menaruh pakaian kotor dalam kamar, sebaiknya pakaian yang habis dikenakan digantung di luar kamar agar tidak meninggalkan bau tak sedap pada kamar
7.      Cuci keset kamar minimal seminggu sekali untuk menjaga kebersihan kaki dan tentunya kebersihan sprei juga.
8.      Sebaiknya sebelum tidur mandi terlebih dahulu, hal ini agar sprei selalu terjaga kebersihannya dan tidak meninggalkan bau tak sedap pada sprei yang bisa menyebar ke seluruh ruangan kamar.
9.      Jika menggunakan AC dalam kamar sebaiknya bersihkan AC 2 bulan atau 3 bulan sekali ya agar udara dingin yang dihasilkan tidak berbau debu dan apek, dan juga supaya AC tetap awet.
10.  Jangan lupa untuk selalu membersihkan koleksi buku yang ditaruh di kamar agar tidak berdebu dan meninggalkan bau tak sedap dalam kamar, kalo saya biasanya membersihkan buku koleksi seminggu sekali dengan lap kering agar debunya tidak beterbangan ke seluruh kamar.

Nah gimana mudah kan asal kita telaten aja menjaga kebersihan kamar maka kita juga In syaa Allah akan mendapat manfaatnya kan. Beberapa manfaat dari kamar tidur yang selalu bersih dan harum diantaranya : Tidur menjadi lebih nyenyak, bangun tidur lebih fresh dan bersemangat, dan tentunya bisa mengubah mood kita yang kurang baik menjadi lebih positif lagi. Yang suka baca buku sbelum tidur dengan kondisi kamar yang bersih dan harum tentunya akan meningkatkan daya focus kita dalam membaca dan memahami isi buku yang dibaca.

Comments

Popular posts from this blog

Hari down syndrome sedunia

PAKISTAN, DARATAN SUCI DI ASIA SELATAN

21 Children