Hari Inovasi Nasional

Salammualaikum Sahabat Jannah,



Sudah tau belum sih saat ini Indonesia sedang menggalakkan program UKM berbasis digital technology , UKM yang creative dan berani melakukan Inovasi. Sebenarnya Inovasi itu apa sih? apakah hanya membuat suatu penemuan atau produk baru ?, Inovasi tak hanya diartikan sebagai penemuan para ilmuwan terhadap teknologi terbaru atau rumus-rumus ilmiah terbaru tetapi inovasi juga bisa dalam bentuk budaya inovatif dan layanan inovatif. Maksudnya adalah Budaya itu adalah kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi hal yang biasa, coba kita bayangkan jika dalam suatu perusahaan para pegawainya melakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang inovatif dan berdampak positif pada peningkatan kinerja pegawai dan perusahaan ? tentunya penemuan-penemuan baru akan dengan mudah dihasilkan melalui lingkungan yang inovatif pula kan.

Layanan inovatif ini bisa beragam contohnya layanan di Pemerintahan yang kini sudah go online, pendaftaran secara online, pengaduan masyarakat secara online, bahkan sekarang ada tilang online ya. Suatu inovasi yang dulu tidak pernah terbayang di benak kita bakal ada di Indonesia. Tujuan tentu untuk efisiensi waktu, mengurangi antrian , dan layanan menjadi lebih efektif.



Lalu apa visi dari Hari Inovasi ini? kenapa sih harus diperingati ? , Visinya adalah untuk mengingatkan individu, pelaku bisnis, dan perusahaan di Indonesia untuk selalu menciptakan budaya inovatif, menciptakan produk dan layanan inovatif, sehingga tercipta kehidupan yang lebih maju dan lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Latar belakangnya adalah untuk menumbuhkan budaya inovatif para leader dan pelaku bisnis.

Lalu kapan Hari Inovasi Nasional diperingati? setiap tanggal 1 November , hari Inovasi Nasional diperingati, harapannya adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya inovasi dalams egala aspek kehidupan. Nah bagi yang belum tau yuk ikutan berperan serta untuk berinovasi tidak hanya di saat tanggal 1 november ya tapi setiap deti tiap menit teruslah berpikir inovatif. Bisa dimulai dari diri sendiri, misalnya : jika kita adalah seorang pengusaha UKM gunakan media digital untuk menjual produk dan gunakan cara-cara baru dalam menwarkan produk yang membuat calon customer tertarik dengan produk anda.

Terciptanya Inovasi itu tidak terlepas dari ide, gagasan, pengetahuan, kemampuan untuk mencipatkan sesuatu yang baru atau sesuatu yang belum pernah ada, nah biasanya buat pengusaha juga jadi momok karena takut kalo produk barunya gak laku di pasaran. Karen itu inovasi suatu produk juga harus disertai inovasi dalam hal pemasaran dan media marketingnya. Sehingga seluruh aspek ikut melakukan inovasi yang saling mendukung kinerja satu sama lain. Inovasi juga menjadi parameter jika sesuatu itu bertumbuh, tanpa inovasi maka sesuatu itu akan mati perlahan.




Comments

Popular posts from this blog

Hari down syndrome sedunia

PAKISTAN, DARATAN SUCI DI ASIA SELATAN

21 Children